Laman

Kamis, 02 Juni 2011

Perkembangan Sektor Pertanian Indonesia- Universitas Jayabaya


KATA PENGANTAR

“…Karena sesungguhnya sesudah kesulitan ada kemudahan…” (QS. AL-INSYIRAH:5)
            Alhamdulillahirabbil’ alamin segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan berkat karunia dan ridho-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah ini sebagai prasayarat presentasi mata kuliah Perekenomian Indonesia.
            Topik mengenai perkembangan sektor pertanian bukan merupakan topik yang baru pada Perekonomian Indonesia sehingga penulis pada kesempatan ini sangat antusias menyelesaikan makalah ini. Mengingat begitu banyaknya sumber atau data yang menunjang, serta permasalaha yang begitu complicated pada sektor pertanian di Indonesia. Sehingga menciptakan pemikiran-pemikiran dari penulis untuk mengeluarkan ide-ide sebagai wujud pemecahan permasalah tersebut dan sebagai wujud kepedulian penulis terhadap keadaan perkembangan pertanian di Indonesia.
            Pada kesempatan ini, kami sebagai penulis memohon kepedulian para ahli untuk memberikan kritik konstruktif demi sempurnanya makalah ini dan demi menambah pengetahuan penulis dalam hal ini. Pada kesempatan ini pula penulis mengucapkan terimakasih atas dorongan moril Bapak Drs.H.Edy Aswandi,Msi. Sebagai dosen mata kuliah Perekonomian Indonesia. Dan kepada ibu bapak kami yang sudah memberikan dorongan moril dan materil. Serta juga kepada sahabat-sahabat kami dan berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu per satu, yang sudah ikut membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk banyak pihak, terutama untuk penulis.

                                                                                                Jakarta, 15 April 2011
                                                                                   

Penulis




ABSTRAK
            Pembangunan pertanian Indonesia telah menempuh sejarah yang panjang sejalan dengan perjalanan bangsa ini, dan merupakan suatu kenyataan bahwa sektor pertanian memberi perm strategis dalam pembangunan nasional. Sebagian besar penduduk Indonesia masih bergelut dan menggantungkan hidupnya di sektor ini. Namun ditengah percaturan globalisasi dunia dewasa ini sektor pertanian belum menampakkan perubahan yang signifikan terhadap indikator investasi dan pendapatan per kapita di sektor pertanian dalam pembangunan nasional.

            Dari data-data yang terkumpul dapat disimpulkan bahawa banyaknya masalah pertanian yang terjadi saat ini dan belum dapat diselesaikan oleh pemerintah secara maksimal. Hal itu disebabkan karena pemerintah masih menggunakan metode-metode zaman dulu yang saat ini tidak sesuai lagi digunakan pada sektor pertanian.
            Pembuatan makalah ini bertujuan untuk menambah informasi dan pengetahuan serta memenuhi syarat presentasi mata kuliah Perekonomian Indonesia. pengumpulan informasi dan data-data berasal dari departemen pertanian, buku panduan, dan media internet.











DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………………………….... i
Abstrak ……………………………………………………………………………….... ii
Daftar Isi ……………………………………………………………………………..... iii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah ………………………………………………………….. 1
1.2  Perumusan Masalah ………………………………………………………………. 2
1.3  Ruang Lingkup Pembahasan dan Batasan ………………………………………... 2
1.4  Tujuan Penulisan ………………………………………………………………….. 2
1.5  Manfaat Penulisan ………………………………………………………………… 2
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pembahasan Masalah ……………………………………………………………… 3
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan ……………………………………………………………………….. 16
3.2 Saran ……………………………………………………………………………… 16
BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Pertanian di Indonesia sedang berada di persimpangan jalan. Sebagai penunjang kehidupan berjuta-juta masyarakat Indonesia, sektor pertanian memerlukan pertumbuhan ekonomi yang kukuh dan pesat. Sektor ini juga perlu menjadi salah satu komponen utama dalam program dan strategi pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan. Di masa lampau, pertanian Indonesia telah mencapai hasil yang baik dan memberikan kontribusi penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia, termasuk menciptakan lapangan pekerjaan dan pengurangan kemiskinan secara drastis. Hal ini dicapai dengan memusatkan perhatian pada bahan-bahan pokok seperti beras, jagung, gula, dan kacang kedelai. Akan tetapi, dengan adanya penurunan tajam dalam hasil produktifitas panen dari hampir seluruh jenis bahan pokok, ditambah mayoritas petani yang bekerja di sawah kurang dari setengah hektar, aktifitas pertanian kehilangan potensi untuk menciptakan tambahan lapangan pekerjaan dan peningkatan penghasilan. Walapun telah ada pergeseran menuju bentuk pertanian dengan nilai tambah yang tinggi, pengaruh diversifikasi tetap terbatas hanya pada daerah dan komoditas tertentu di dalam setiap sub-sektor. Pengalaman negara tetangga menekankan pentingnya dukungan dalam proses pergeseran tersebut. Sebagai contoh, di pertengahan tahun 1980-an sewaktu Indonesia mencapai swasembada beras, 41% dari semua lahan pertanian ditanami padi, sementara saat ini hanya 38%; suatu perubahan yang tidak terlalu besar dalam periode 15 tahun. Sebaliknya, penanaman padi dari total panen di Malaysia berkurang setengahnya dari 25% di tahun 1972 menjadi 13% di 1998. Selain itu seperti tercatat dalam hasil studi baru-baru ini, ranting pemilik usaha kecil/ pertanian industrial, hortikultura, perikanan, dan peternakan, yang sekarang ini berkisar 54% dari semua hasil produksi pertanian, kemungkinan besar akan berkembang menjadi 80% dari pertumbuhan hasil agraris di masa yang akan datang. Panen beras tetap memegang peranan penting dengan nilai sekitar 29% dari nilai panen agraris. Tetapi meskipun disertai dengan tingkat pertumbuhan hasil yang tinggi, panen beras tidak akan dapat mencapai lebih dari 10% nilai peningkatan pertumbuhan hasil.

1.2 Perumusan Masalah
            Dari paparan yang telah diuraikan diatas, maka perkembangan sektor pertanian yang terjadi saat ini tidak menunjukan progress yang baik bagi beberapa pihak penting, seperti petani. Hal itu dapat dilihat dari perkembangan pertanian saat ini dan nilai indeks yang di terima petani (IT) yang semakin menurun pada periodenya. Dari hal tersebut maka akan diperoleh suatu dasar berepijak bagi penulis untuk dapat memfokuskan penjelasan makalah ini kearah rumusan yang lebih jelas.

1.3 Ruang Lingkup Pembahasan dan Batasan
            Dari paparan dan rumusan masalah yang telah dijelaskan diatas maka ruanglingkup pembahasan dan batasan kami fokuskan terhadap “Masalah-Masalah yang Menghambat Perkembangan Sektor Pertanian”.

1.4 Tujuan Penulisan
            Penulisan makalah ini bertujuan untuk membahas bersama-sama permasalahan pada sektor pertanian yang terjadi saat ini dan pemecahan masalah yang dapat dilakukan oleh seorang mahasiswa. Selain itu makalah ini juga bertujuan sebagai sarana pertukaran informasi atau ilmu guna mencapai tujuan yang sama.

1.5 Manfaat Penulisan
            Hasil penulisan makalah ini memberikan manfaat bagi:
  1. Penulis
Sebagai sarana pembelajaran analisis dalam menerapkan teori pembelajaran yang sudah di ajarkan di kelas.
  1. Pembaca
Sebagai bahan pertimbangan dalam upaya meningkatkan pendidikan sekalipun dengan biaya terbatas. Dan sebagai wadah tukar pikiran antara sipembaca dan penulis dalam memecahkan masalah yang ada.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Pembahasan Masalah

  1. PERANAN SEKTOR PERTANIAN

Pentingnya pertanian di dalam pertumbuhan sebuah ekonomi yang didominasi oleh sektor pertanian, pertumbuhan pertanian akan meningkatkan laju pertumbuhan pendapatan daerah bruto (PDB). Peran sektor pertanian sangat diperlukan dalam upaya menurunkan kemiskinan. Data PBB menyatakan bahwa pada daerah pedesaan di negara berkembang terdapat sekitar 1 milyar penduduk dari 1,2 milyar penduduk hidup dalam kemiskinan absolut (absolute poverty).
Bank Dunia mengetahui bahwa populasi, pertanian dan environment adalah kunci untuk mengetahui masalah yang dihadapi di Sub-Sahara Afrika, yaitu daerah yang paling miskin di dunia. Pertumbuhan penduduk yang sangat cepat yang tidak diimbangi oleh teknik pertanian menyebabkan kekurangan. Hal ini juga menyebabkan degradasi tanah dan penurunan produksi dan konsumsi makanan per kapita.
Selain membutuhkan sumber daya finansial, sektor pertanian juga memerlukan teknologi maju dan infrastruktur. Diskriminasi pemerintah terhadap sektor pertanian akan menghalangi keseluruhan pembangunan.
Transformasi Pertanian mengemukakan bahwa keberhasilan sektor pertanian bukan hanya alat bagi pembangunan, tetapi keberhasilan di sektor pertanian juga menjadi tujuan dari pembangunan. Pertanian dapat menjamin penyediaan kebutuhan milyaran penduduk di masa depan. Hal yang berhubungan dengan transformasi sektor pertanian:

1.Peningkatan produktivitas pertanian.
2. Penggunaan sumber daya yang dihasilkan untuk pembangunan di luar sektor 
    pertanian.
3. Integrasi pertanian dengan ekonomi nasional melalui infrastruktur dan pasar.

Salah satu karakteristik dalam pembangunan ekonomi adalah pergeseran jangka panjang populasi dan produksi dari sektor pertanian menjadi sektor industri dan sektor jasa. Hanya sebagian kecil masyarakat dalam negara industri yang hidup dari sektor pertanian. Konsep strategi pembangunan berimbang (balanced growth), yaitu pembangunan di sektor pertanian dan sektor industri secara bersamaan merupakan tujuan pembangunan yang paling ideal. Pada kenyataannya konsep strategi pembangunan berimbang tidak dapat dilakukan oleh negara berkembang, hal ini dikarenakan sumber daya yang tidak mencukupi untuk melakukan pembangunan di sektor pertanian maupun sektor industri sekaligus.
Kontribusi Pertanian pada Pembangunan Pertanian memiliki kontribusi yang sangat besar kepada pembangunan. Kontribusi pertanian tersebut adalah:
1. Meningkatkan persediaan makanan.
2. Pendapatan dari ekspor.
3. Pertukaran tenaga kerja ke sektor industri.
4. Pembentukan modal.
5. Kebutuhan akan barang-barang pabrikan.

Kekuatan bukanlah alat untuk mengeksploitasi petani. Beberapa negara berkembang menekan harga pertanian rendah, beberapa negara mengenakan pajak akan aktivitas pertanian, mencabut modal pada daerah pedesaan, secara umum dapat dikatakan banyak negara menempatkan industrialisasi di atas segalanya. Model Lewis hanya membuat beberapa ekonom dan pembuat kebijakan berpikir bahwa pertanian adalah tempat untuk mempekerjakan kelebihan tenaga kerja yang tidak terserap oleh industrialisasi
Dalam analisis klasik dari Kuznets (1964), pertanian di LDCs dapat dilihat sebagai suatu sektor ekonomi yang sangat potensial dalam empat bentuk kontribusinya terhadap pertumbuhan dan pengembangan ekonomi nasional, yaitu sebagai berikut:
1.      Ekspansi sektor-sektor ekonomi lain sangat tergantung pada produk-produk dari sector pertanian, bukan saja untuk suatu kelangsungan pertumbuhan suplai makanan mengikuti pertumbuhan penduduk.
2.      Karena bias agraris yang sangat kuat dari ekonomi selama tahp awal proses pembangunan ekonomi.
3.      Karena pentingnya pertanian secara relative menurun dengan pertumbuhan dan pembanguna ekonomi.
4.      Sektor pertanian mampu berperan sebagai sumber penting bagi surplus neraca perdagangan atau neraca pembayaran.

1.      Kontribusi Produk
Kontribusi produk dari pertanian dapat dilihat dari relasi antara pertumbuhan pangsa PDBdari sector tersebut dengan pangsa awalnya dan laju pertumbuhan relatifdari produk-produk neto pertanian dan non pertanian.

Didalam system ekonomi terbuka, besarnya kontribusi produk dari sector pertanian, baik lewat pasar maupun lewat keterkaitan produksi dengan sector-sektor nonpertanian, misalnya industri manufaktur, juga sangat dipengaruhi oleh kesiapan sector itu sendiri dalam menghadapi persaingan dari luar (tingkat daya saingnya).
2.      Kontribusi Pasar
Negara agraris dengan proporsi populasi pertanian  (petani dan keluarganya) yang besar, seperti Indonesia, merupakan sumber yang sangat penting bagi pertumbuhan pasar domestik bagi sektor-sektor nonpertanian, khususnya industri manufaktur.

Namun, peranan sektor pertanian lewat kontribusi pasarnya terhadap diversifikasi dan pertumbuhan output dari sektor-sektor nonpertanian, sangat tergantung pada dua faktor penting yang dapat dianggap sebagai prasyarat, yaitu :

1.              Dampak dari keterbukaan ekonomi dimana pasar domestik tidak hanya diisi oleh barang-barang buatan dalam negeri, tetapi juga barang-barang impor.
2.              Jenis teknologi yang digunakan disektor pertanian yang menentukan tinggi rendahnya tingkat mekanisasi atau modernisasi dari sektor tersebut.
3.      Kontribusi Faktor-faktor Produksi
Ada dua factor produksi yang dapat dialihkan dari sector pertanian ke sector-sektor nonpertanian, tanpa harus mengurangi volume produksi (produktivitas) di sector pertanian, pertama adalah tenaga kerja dan kedua adalah modal. Market Surplus di sector pertanian bias menjadi salah satu sumber modal bagi investasi di sektor-sektor lain.untuk mendaptkan market surplus, kinerja sektor pertanian itu sendiri harus baik, dalam arti bisa menghasilkan surplus. Factor yang sangat ditentukan oleh kekuatan sisi suplainya (teknologi, infrastruktur, dan sumber daya manusia) dan dari sisi permintaan (pasar) oleh niali tukar antara produk pertanian dan produk nonpertanian, baik di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

4.      Kontribusi Devisa
Kontribusi sector pertanian di suatu negara terhadap peningkatan  devisa terjadi melalui peningkatan ekspor dan atau pengurangan impor Negara tersebut untuk komoditi-komoditi pertanian. Akan tetapi peranan sector pertanian dalam peningkatan devisa bisa dikontradiksi dengan peranannya dalam bentuk kontribusi produk. Dengan kata lain, usaha peningkatan ekspor pertanian bisa berakibat negative terhadap pasokan pasar dalam negeri, atau sebaliknya, usaha memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri bisa menjadi suatu factor penghambat bagi pertumbuhan ekspor pertanian.

B.     SEKTOR PERTANIAN DI INDONESIA

      Seiring dengan transisi (transformasi) struktural ini sekarang kita menghadapi berbagai permasalahan. Di sektor pertanian Indonesia mengalami beberapa permasalahan dalam meningkatkan jumlah produksi pangan, terutama di wilayah tradisional pertanian di Jawa dan luar Jawa. Hal ini karena semakin terbatasnya lahan yang dapat dipakai untuk bertani. Perkembangan penduduk yang semakin besar membuat kebutuhan lahan untuk tempat tinggal dan berbagai sarana pendukung kehidupan masyarakat juga bertambah. Perkembangan industri juga membuat pertanian beririgasi teknis semakin berkurang.
Selain itu berkurangya lahan beririgasi teknis, tingkat produktivitas pertanian per hektare juga relatif stagnan. Salah satu penyebab dari produktivitas ini adalah karena pasokan air yang mengairi lahan pertanian juga berkurang. Banyak waduk dan embung serta saluran irigasi yang ada perlu diperbaiki. Hutan-hutan tropis yang kita miliki juga semakin berkurang, ditambah lagi dengan siklus cuaca El Nino-La Nina karena pengaruh pemanasan global semakin mengurangi pasokan air yang dialirkan dari pegunungan ke lahan pertanian.
Sesuai dengan permasalahan aktual yang kita hadapi masa kini, kita akan mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan pangan di dalam negeri. Di kemudian hari kita mungkin saja akan semakin bergantung dengan impor pangan dari luar negeri. Impor memang dapat menjadi alternatif solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan kita, terutama karena semakin murahnya produk pertanian, seperti beras yang diproduksi oleh Vietnam dan Thailand. Namun, kita juga perlu mencermati bagaimana arah ke depan struktur perekonomian Indonesia, dan bagaimana struktur tenaga kerja yang akan terbentuk berdasarkan arah masa depan struktur perekonomian Indonesia.                                  
1.   Perkembangan Sejak Awal Dekade 1970-an
Selama periode 1995-1997 pangsa PDB dari sector pertanian (termasuk peternakan, kehutanan, dan perikanan) mengalami penurunan (pada harga konstan 1993). Pada saat krisis mencapai puncaknya tahun 1999, semua sector mengalami pertumbuhan negative, kecuali listrik, gas, dan air minum dengan tetap positif 2,6% sector pertanian mengalami pertumbuhan -0,7%, dan sector industri manufaktur -11,4%.
Rendahnya pertumbuhan output pertanian pada tahun-tahun tertentu disebabkan salah satunya oleh musim kemarau yang panjang, yang memang merupakan salah satu kendala serius tidak saja bagi kelangsungan kegiatan pertanian, tetapi juga bisa berdampak negatif terhadap tingkat daya saing produk-produk pertanian, termasuk padi.

2.      Produksi Padi/Beras
Peranan sector pertanian di Indonesia sangat krusial karena harus memenuhi kebutuhan pangan penduduk yang jumlahnya lebih dari 200 juta prediksi kebutuhan beras nasional didasarkan pada asumsi :
·        Setiap penduduk mengkonsumsi 144 kilogram per tahun
·        Seluruh penduduk mengkonsumsi beras,
·        Indonesia tetap dengan luasan wilayah dan penduduk yang relative sama (artinya, lepasnya propinsi kecil, seperti Timor Timur, tidak banyak berpengaruh dalam hitungan)
Walaupun merupakan suatu Negara agraris yang besar, ternyata Indonesia sangat tergantung pada impor beras.

3.      Daya Saing dan Perkembangan Ekspor
a. Dampak Liberalisasi Perdagangan
Penerapan liberalisasi perdagangan dunia berdampak negative terhadap ekspor komoditas pertanian Indonesia. Memang dalam jangka pendek liberalisasi perdagangan atas beras atau kebijakan pemerintah yang secara tiba-tiba mengenakan tariff nol terhadap impor beras bisa berdampak negative terhadap sector-sektor pertanian Indonesia.terutama melihat kenyataanya bahwa sector pertanian di Indonesian di dominasi oleh petani-petani gurem yang mengusahakan pertanian padi nya selama ini secara tradisional dengan luas lahan rata-rata 0,5 ha dan tanpa didukung oleh teknologi modern serta kualitas sumber daya manusia dan manajemen yang baik.

b. Perkembangan Ekspor Beras
    Data dari Departemen Pertanian (Deptan) menunjukkan bahwa beras bukan merupakan salah satu produk pertanian yang diunggulkan untuk ekspor, melainkan komoditas-komoditas lainnya, seperti karet, minyak kelapa sawit, teh, kopi, dan kakau. Namum ini bukan berarti Indonesia tidak pernah mengekspr beras. Salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki potensi besar sebagai pengekspor beras adalah Sulawesi Selatan. Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia, paling tidak beberapa daerah tertentu mampu menghasilkan beras dengan kulaitas tinggi yang diminati oleh pasar dunia.




  1. NILAI TUKAR PETANI

      Nilai Tukar Petani (NTP) adalah angka perbandingan antara indeks harga yang diterima petani dengan  indeks harga yang dibayar petani yang dinyatakan dalam persentase. Nilai tukar petani (sectoral terms of trade) untuk pertanian adalah rasio harga barang pertanian (Pa) dan harga barang industri (Pi). Kenaikan nilai tukar petani (NTP) berarti harga pangan naik lebih cepat daripada barang industri. Petani dapat membeli lebih banyak keperluan mereka pada hasil yang sama dan mendorong petani untuk meningkatkan hasil mereka (Lynn, 2003). Nilai tukar petani (NTP) juga dapat menjadi indikator tingkat kesejahteraan petani, semakin tinggi NTP semakin tinggi daya beli petani.
Sebuah studi mengenai Indonesia, menghitung rasio Pa/Pi, dan laju pertumbuhan pendapatan daerah bruto (PDB) pertanian. Apabila nilai tukar petani adalah 0,78 selama tiga periode, dan pertumbuhan 0,9 persen per tahun. Ketika nilai tukar petani meningkat menjadi 0,83 dan 1,06, pertumbuhan pertanian meningkat menjadi 4,3 persen dan kemudian menjadi 8,3 persen (Lynn, 2003).
Peningkatan nilai tukar petani (terms of trade) hanyalah pada masa transisi. Gambar 2 mengilustrasikan bagaimana harga pertanian relatif berubah seiring dengan waktu. Sebagai respon harga pertanian yang tinggi, sumber daya akan ditarik ke pertanian (P1), lalu meningkatkan hasil (S2). Ini kemudian berlanjut sebagai awal peningkatan permintaan pangan (D2). Lambatnya permintaan akan pangan dan bahan baku (D3), dan produktivitas pertanian dan penawaran meningkat (S3). Nilai tukar petani (terms of trade) berbalik dan akan mendorong industri. Pada tahap awal pembangunan ekonomi, pertanian harus menjadi prioritas. Supaya pertanian tetap menarik dibutuhkan kenaikan atau stabilitas nilai tukar petani (terms of trade) yang merefleksikan kelangkaan (Lynn, 2003).
NTP disetiap wilayah biasanya berbeda-beda. Hal itu disebabkan karena adanya perbedaan inflasi (laju pertumbuhan indeks harga konsumen), sistem distribusi pupuk dan input-input pertanian lainya, dan juga perbedaan titik ekuilibrium pasar untuk komoditas-komoditas pertanian. Ekuilibrium pasar itu sendiri dipengaruhi oleh kondisi penawaran dan permintaan diwilayah tersebut. dari sisi penawaran, faktor penentu utama adalah volume atau kapasitas produksi di sektor pertanian , sedangkan dari sisi permintaan terutama adalah jumlah penduduk dan tingkat pendapatan riil masyarakat rata-rata perkapita.
Rendahnya NTP juga ditentuka oleh indeks harga input-input pertanian dimasing-masing wilayah. Perkembangan indeks harga rata-rata per bulan yang diterima petani (IT), indeks harga rata-rata yang dibayar petani (IB), dan dan NTP disuatu provinsi berbeda-beda. Penyebab hal tersebut sama dengan penyebab berbeda-bedanya NTP disetiap wilayah, seperti perbedaan inflasi (laju pertumbuhan indeks harga konsumen), sistem distribusi pupuk dan input-input pertanian lainya, dan juga perbedaan titik ekuilibrium pasar untuk komoditas-komoditas pertanian. Namun bila terjadi perubahan NTP hal itu disebabkan oleh perubahan IT dan/atau IB. Oleh karena itu, assessment terhadap penyebab leamahnya NTP dapat dilakukan dengan menganalisis faktor-faktor penyebab rendahnya IT dan faktor-faktor penyebab tingginya IB. Faktor-faktor tersebut dapat berbeda menurut jenis komoditas. Misalnya dari sisi IT, komoditas beras dan jeruk berbeda dalam pola persaingannya. Di Indonesia, petani petani beras didalam negeri mengalami persaingan yang sangat ketat, termasuk dengan beras impor. Hal itu disebabkan karena beras merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, yang berarti selalu ada permintaan dan dalam jumlah yang besar, maka semua petani berusaha untuk menanam padi atau memproduksi beras saja. Hal itu membuat beras dipasar domestik cenderung menurun hingga (pada titik ekuilibrium jangka panjang) sama dengan biaya marjinal atau sama dengan biaya rata-rata per unit output. Ini berarti IT akan akan sama dengan IB dan berarti keuntungan petani nol. Sedangkan jeruk bukan merupakan barang kebutuhan pokok seperti beras sehingga walaupun harganya baik, tidak semua petani ingin menanam jeruk. Jadi, diversifikasi output disektor pertanian sangat menentukan baik tidaknya NTP di Indonesia. Selain itu, karena beras adalah makanan pokok, maka permintaan beras lebih dipengaruhi oleh jumlah manusia dan masyarakat (pembeli), bukan oleh harga. Oleh karena itu, permintaan beras tidak elastis.

            Sedangkan dari sisi IB, faktor utama adalah harga pupuk yang bagi petani padi terlalu mahal. Hal ini tidak terlalu disebabkan oleh volume produksi atau suplai pupuk didalam negeri yang terbatas, tetapi oleh adanya distorsi didalam sistem pendistribusiannya. Harga pupuk yang mahal bisa merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk mengalihkan surplus disektor pertanian ke industri, seperti yang dikutip dari Colman dan Nixson (1994),
The surplus could be extracted through the following means:……By turning the terms of trade against agriculture, thus forcing farmers to pay more for domestically produced manufactured inputs and to receive less for their produce than would otherwise be the case.Di dalam studi mereka dijelaskan bahwa tingginya harga input untu pertanian (misalnya pupuk) dikarenakan pemerintah menerapkan tariff impor untuk melindungi industri dalam negeri . Selain itu, belakangan ini naiknya harga BBM dan tariff listrik juga mempunyai sutu kontribusi yang besar terhadap peningkatan biaya produksi petani, sementara harga gabah/ beras dipasar bebas rendah. Berikut adalah table NTP gabungan di salah satu provinsi di Indonesia.
NTP GABUNGAN  KALIMANTAN TENGAH  DAN NASIONAL
       September - Oktober 2008  ( 2007 = 100 )

No

Rincian

NTP Propinsi
NTP Nasional
Sept
Okt
%
Sept
Okt
%








1
Indeks Diterima Petani
111,86
111,19
-0,59
118,02
115,74
-1,93
2
Indeks Dibayar Petani
116,28
117,36
0,93
116,05
116,68
0,54
3
Konsumsi Rumah Tangga
117,13
118,52
1,19
116,79
117,47
0,58
4
Bahan Makanan
117,27
119,44
1,84
120,14
120,71
0,47
5
Makanan Jadi
112,89
113,49
0,53
110,89
111,67
0,70
6
Perumahan
122,42
123,22
-0,65
118,35
119,44
0,92
7
Sandang
115,43
115,69
0,22
111,97
112,49
0,47
8
Kesehatan
111,22
111,55
0,30
111,02
111,47
0,40
9
Pendidikan, Rekreasi & Olah raga
111,55
111,61
0,06
109,76
110,34
0,53
10
Transportasi dan Komunikasi
127,76
127,81
0,04
118,13
118,94
0,68
11
BPPBM
113,99
113,98
-0,01
113,62
114,07
0,40
12
Bibit
107,21
109,35
2,00
113,19
114,33
1,01
13
Obat-obatan & Pupuk
126,80
125,62
-0,93
112,65
113,34
0,61
14
Sewa Lahan, Pajak & Lainnya
102,92
102,90
-0,02
121,75
121,90
0,13
15
Transportasi
122,58
123,15
0,46
109,57
109,64
0,06
16
Penambahan Barang Modal
110,87
110,95
0,08
112,87
113,28
0,36
17
Upah Buruh Tani
106,07
106,18
0,11
112,45
112,73
0,25
18
Nilai Tukar Petani
96,20
94,74
-1,52
101,69
99,20
-2,45



 NTP SUBSEKTOR  KALIMANTAN TENGAH  DAN NASIONAL
       September - Oktober 2008  ( 2007 = 100 )

No

 Sub Sektor

NTP Propinsi
NTP Nasional
Sept
Okt
%
Sept
Okt
%
1.
  Tanaman Pangan :







  Indeks yang diterima
110,24
116,06
5,27
114,80
114,28
-0,45

  Indeks yang dibayar
117,30
118,25
0,81
116,41
117,05
0,54

  Nilai Tukar Petani ( NTP)
93,98
98,15
4,43
98,62
97,64
-0,99








2.
  Hortikultura







  Indeks yang diterima
114,58
114,62
0,04
116,25
113,35
-2,49

  Indeks yang dibayar
117,74
118,95
1,03
116,18
116,76
0,50

  Nilai Tukar Petani NTP)
97,32
96,36
-0,98
100,06
97,08
-2,98








3.
  Tanaman Perkebunan Rakyat







  Indeks yang diterima
116,51
99,04
-15,00
131,71
119,37
-9,37

  Indeks yang dibayar
115,24
116,61
1,18
116,26
116,89
0,54

  Nilai Tukar Petani ( NTP)
101,10
84,93
-15,99
113,30
102,12
-9,86








4.
  Peternakan







  Indeks yang diterima
104,59
105,12
0,50
116,42
117,33
0,78

  Indeks yang dibayar
111,92
112,78
0,78
114,69
115,31
0,54

  Nilai Tukar Petani ( NTP)
93,45
93,21
-0,26
101,50
101,75
0,25








5.
  Perikanan







  Indeks yang diterima
112,09
114,45
2,10
118,63
119,61
0,83

  Indeks yang dibayar
114,11
115,35
1,08
115,48
116,12
0,55

  Nilai Tukar Petani ( NTP)
98,23
99,22
1,01
102,73
103,01
0,27



D. INVESTASI DI SEKTOR PERTANIAN
                          
            Salah satu faktor penting yang sangat menentukan investasi disektor pertanian bukan hanya laju pertumbuhan output, melainkan juga tingkat daya saing global dari komoditas-komoditas pertanian merupakan modal investasi yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan yang sifatnya bisa langsung atau tidak langsung terkait dengan proses produksi. Langsung, misalnya untuk membeli mesin baru atau peralatan-peralatan modern dan inpu-input lainnya untuk keperluan kegiatan produksi pertanian. Tidak langsung, misalnya untuk kegiatan penelitian dan pengembangan proses produksi maupun output dan input, dan untuk menyelengarakan pelatihan-pelatihan bagi petani (peningkatan sumber daya manusia), misalnya manajemen, quality control, cara-cara yang baik dalam membajak tanah, bercocok tanam dan penanganan pasca panen, dan sebagainya.
            Modal bisa bersumber dari investasi dari luar negeri dan/atau dalam negeri dan dana pinjaman (kredit) dari bank. Hasil studi yang dilakukan oleh Supranto (1998) menyimpulkan bahwa rendahnya laju pertumbuhan sekor pertanian, khususnya di sub sektor bahan makanan, antara lain disebabkan oleh kurangnya investasi dari dalam dan luar negeri disektor tersebut dan kredit yang mengalir kesektor tersebut relative kecil jika dibandingkan kesektor lain, seperti industri manufaktur. Alasannya adalah kegiatan pertanian mempunyai risiko, misalnya gagal panen, jauh lebih tinggi dibandingkan kegiatan industri karena sektor pertanian sangat tergantung pada iklim. Selain itu, kegiatan industri manufaktur memiliki nilai tambah atau keuntungan yang jauh lebih tinggi disbanding kegiatan pertanian. Selain itu, studi dari simatupang (1995) juga memberikan suatu informasi yang berharga yang menujukkan bahwa kredit perbankan lebih banyak mengucur kesektor industri manufaktur dan sector jasa daripada kesektor pertanian, hal itu menyebabakan sektor pertanian menderita underinvestment, yang menunnjukan bahwa investasi kesektor pertanian cenderung menurun disbanding ke sektor industri dan jasa. Penurunan ini dapat dikaitkan dengan sifat investasi di sektor pertanian yang rate of return on investmen (ROI)-nya rendah sehingga kurang menarik bagi investor.


E. KETERKAITAN PERTANIAN DENGAN INDUSTRI MANUFAKTUR

Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu penyebab krisis ekonomi di Indonesia adalah karena kesalahan industrialisasi dari awal pemerintahan orde baru yang tidak berbasis pada pertanian. Selama krisis juga terbukti bahwa sektor pertanian masih mampu mengalami laju pertumbuhan yang positif, walaupun dalam persentase yang kecil, sedangkan sektor industri manufaktur mengalami laju pertumbuhan yang negative diatas satu digit. Banyak pengalaman dinegara-negara maju seperti Eropa dan Jepang yang menunjukan bahwa mereka memulai industrialisasi setelah atau bersamaan dengan pembangunan disektor pertanian. Ada beberapa alasan kenapa sektor pertanian yang kuat sangat esensial dalam proses industrialisasi di negara yang membangun sektor pertaniannya dengan baik, yaitu sebagai berikut:
*     Sektor pertanian yang kuat berarti ketahanan pangan terjamin dan ini merupakan salah satu prasyarat penting agar proses industrialisasi pada khususnya dan pembangunan ekonomi pada umumnya bisa berlangsung dengan baik. Ketahanan pangan berarti tidak ada kelaparan dan ini menjamin kstabilan sosial dan politik.
*     Dari sisi permintaan agregat, pembangunan sektor pertanian yang kuat membuat tingkat pendapatan yang rill per kapita di sektor tersebut tinggi yang merupakan salah satu sumber permintaan terhadap barang-barang nonfood, khususnya manufaktur.
*     Dari sisi penawaran, sektor pertanian merupakan salah satu sumber input bagi sektor industri yang mana memiliki keunggulan komparatif, misalnya industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian jadi, industri kulit dan sebagainya.
*     Masih dari sisi penawaran, pembangunan yang baik di sektor pertanian bisa menghasilkan surplus disektor tersebut dan ini bisa menjadi sumber investasi di sektor industri, khususnya industri skala kecil di pedesaaan (keterkaitan investasi).
Sudah cukup banyak pembahasan teoritis mengenai keterkaitan sektor pertanian dan sektor industri dan studi-studi kasus di negara-negara di Afrika, Asia, dan Amerika Latin yang membuktikan betapa pentingnya sektor pertanian bagi pertumbuhan di sektor industri. Keterkaitan antara dua sektor tersebut terutama didominasi oleh efek keterkaitan pendapatan, disusul kemudian oleh efek keterkaitan produksi, sedikit bukti mengenai keterkaitan investasi.
 Oleh karena itu, sektor pertanian memainkan suatu peranan penting dalam pembangunan sektor industri di suatu daerah. Akan tetapi, kenyataan di Indonesia tidak demikian. Data Input Output Table (IO) dari BPS menunjukan bahwa keterkaitan produksi antara sektor pertanian dan sektor industri manufaktur sangat lemah dan tingkat ketergantungan kedua sektor tersebut terhadap impor barang-barang modal dan perantara sangat tinggi. Idealnya dan memang harus menjadi pola industrialisasi di Indonesia adalah seperti yang diilustrasikan dalam gambar berikut, yakni keterkaitan produksi yang kuat antara kedua sektor tersebut sehingga ketergantungannya terhadap impor dapat dikurangi atau sama sekali dihilangkan.
Sebagai contoh empiris, berdasarkan data I-O Nasional 1985. Menunjukan bahwa keterkaitan produksi ke belakang antara industri kecil (IK) dan sektor pertanian jauh lebih besar dibanding keterkaitan sektor tersebut dengan industi menengah dan besar (IMB). Perbedaan ini menandakan bahwa kalau dilihat dari struktur input dari industri manufaktur, industri kecil lebih agricultural-based dibanding industri menengah dan besar.














BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Perkembangan sektor pertanian di Indonesia saat ini berada pada fase yang menghawatirkan. Sehingga dibutuhkan banyak kontribusi dari berbagai paihak khususnya pemerintah. Selain pemerintah, dalam mengembangkan sektor pertanian ini juga dibutuhkan kontribusi dari pihak swasta agar tujuan dapat  segera tercapai dan berjalan dengan lancar. Mengingat dana pemerintah yang terbatas sehingga bantuan dana dari pihak swasta. Hal tersebut merupakan salah satu penggalangngan investasi di sektor pertanian yang kian hari makin menurun sehingga membuat hidup para petani kian hari makin rendah pendapatannya.

3.2 Saran
            Sara penulis terhadap pemerintah adalah menggalakan peningkatan produktifitas diantara penghasil di daerah rural, dan menyediakan fondasi jangka panjang dalam peningkatan produktifitas secara terus menerus. Dalam menjawab tantangan tersebut, hal berikut ini menjadi sangat penting:
1.         Fokus dalam pendapatan para petani; titik berat di padi tidak lagi dapat menjamin segi pendapatan petani maupun program keamanan pangan;
2.        Peningkatan produktifitas adalah kunci dalam peningkatan pendapatan petani, oleh karena itu pembangunan ulang riset dan sistem tambahan menjadi sangat menentukan;
3.         Dana diperlukan, dan dapat diperoleh dari usaha sementara untuk memenuhi kebutuhan kredit para petani melalui skema kredit yang dibiayai oleh APBN;
4.        Pertanian yang telah memiliki sistem irigasi sangat penting, dan harus dipandang sebagai aktifitas antar sektor. Pemerintah perlu memastikan integritas infrastruktur dengan keterlibatan pengguna irigasi secara lebih intensif, dan meningkatkan efisiensi penggunaan air untuk mencapai panen yang lebih optimal hingga setiap tetes air;
5.        Fokus dari peran regulasi dari Departemen Pertanian perlu ditata ulang. Kualitas input yang rendah mempengaruhi produktifitas petani; karantina diperlukan untuk melindungi kepentingan petani dari penyakit dari luar namun pada saat yang bersamaan juga tidak membatasi masuknya bahan baku impor; dan standar produk secara terus menerus ditingkatkan di dalam rantai pembelian oleh sektor swasta bukan oleh pemerintah.
Selain itu peran serta masyarakan juga sangat dibutuhkan dalam usaha meningkatkan perkembangan di sektor pertanian ini. Yaitu dengan cara memperhatikan beberapa bidang seperti, Peran utama Departemen Pertanian dalam membina hubungan kerja sama dengan pemerintah daerah. Departemen Pertanian secara
jelas mempunyai peranan penting dalam usaha menjawab tantangan di atas. Program-program dari Departemen Pertanian harus dilengkapi dengan bermacam-macam inisiatif dari badan pemerintahan nasional lainnya, pemerintahan lokal yang akan berada di garis depan dalam pemgimplementasian program, organisasi produsen di pedesaan yang bergerak di bidang agribisnis, dan para petani yang harus menjadi partner penting demi mendukung proses perubahan ini. Cara ini memerlukan usaha terpadu lebih besar dan kerjasama dari Departemen Pertanian dan Departemen pemerintah lainnya yang menangani infrastruktur, pemasaran pertanian, proses pertanian, fasilitas perdagangan. Dengan desentralisasi, staf dinas di kabupaten telah dipindahkan ke tingkat pemeritahan lokal, bersamaan dengan implementasi fungsi-fungsi pemerintahan, seperti penyuluhan, regulasi (contoh: standar input, kualitas produk [pemeriksaan mutu daging], karantina), dan pelaporan statistik. Departemen Pertanian pusat sedang mengkaji ulang peranannya dalam menanggapi permasalahan, dengan fokus yang lebih besar pada penyediaan fasilitas, rangka kerja kebijakan dan penggunaan sumber daya. Departemen Pertanian mempunyai peranan penting dalam menjamin bahwa sistem nasional tersebut dapat dipertahankan dan dibentuk khusus untuk penyediaan barang-barang publik, terutama dalam rangka penyuluhan, regulasi dan penelitian dalam bidang pertanian. Setiap sistem ini berada di bawah tekanan yang berat. Kemudian pemerintah Perlu meningkatkan pendapatan petani melalui diversifikasi lebih lanjut. Diperkirakan sekitar 24 juta hektar lahan kering memiliki potensi yang belum dikembangkan. Rumah tangga miskin di daerah ini memiliki tingkat ketergantungan lebih tinggi pada pertanian, karena sektor perekonomian yang bukan berasal dari pertanian tidak dapat berkembang. Diversifikasi di dalam hal ini menjadi penting, begitu pula berbagai kebijakan yang merangsang tumbuhnya usaha peternakan, tumpang sari sayuran, penanaman kembali hutan-hutan di daerah-daerah kecil dengan tumbuhan berkayu dengan nilai tinggi, serta difersifikasi kacang mete atau buah-buahan. Seluruh usaha tersebut dapat berperan serta untuk mencapai penghasilan yang lebih stabil, dan mengurangi tingkat kemiskinan di daerah tersebut. Terdapat bermacam-macam kesempatan untuk menunjang pertumbuhan di daerah-daerah tersebut. Sebagai contoh, antara tahun 1996 2002, walaupun terjadi krisis ekonomi, konsumsi makanan per kapita di Indonesia meningkat sebanyak 8% secara riil. Peningkatan tersebut dialami oleh bahan makanan dengan nilai tinggi seperti produk peternakan, buah-buahan, sayur-mayur, ikan, lemak dan minyak, dan makanan siap saji. Di lain pihak, konsumsi per kapita bahan makanan dengan nilai rendah malah menurun. Perubahan ini telah mendorong perkembangan pesat supermarket, yang mana telah mempengaruhi struktur produksi pertanian, penyiapan, penanganan dan pemasaran. Hal yang serupa terjadi dalam ekspansi pesat hasil pertanian biji coklat, kacang mete dan biji kopi, terlebih lagi setelah tahun 1997. Perkembangan ini menunjukan adanya kebutuhan untuk membentuk kerjasama dengan sektor swasta baik lokal maupun internasional yang menciptakan kesempatan untuk mengurangi beban penyediaan pelayanan dari badan pemerintah. Aspek penting bagi pertanian di daerah-daerah tersebut adalah meningkatnya fokus pada usaha pertanian yang menghasilkan uang dan akhirnya ketertarikan dari pihak swasta untuk membiayai pengembangan ini. Hal ini memerlukan kualitas produksi yang lebih baik. Hal ini tentunya memerlukan mekanisme regulasi pemerintah yang lebih baik (dalam kerjasama dengan pihak swasta), dan juga akses lebih mudah untuk mendapatkan pinjaman bank. Departemen Pertanian dapat mendukung agribisnis dan sistim pemilikan pertanian skala kecil yang kompetitif dan efisien melalui pengembangan rangka kerja efektif yang legal, diatur oleh regulasi (misalnya untuk mengamankan hak properti, dan pelaksanaan kontrak) dan institusional, untuk mempromosikan komersialisasi dan integrasi vertikal. Memperkuat kapasitas regulasi. Departemen Pertanian mengatur dan mengawasi berbagai standar yang mempengaruhi produktifitas petani (misalnya mencegah agar pupuk palsu, bibit bermutu rendah, dan pestisida berbahaya tidak beredar di pasar; melaksanakan sistim karantina untuk mencegah penularan penyakit binatang ternak dan tanaman dari luar) dan melindungi konsumen produk pertanian (misalnya melalui inspeksi mutu daging). Kerangka regulasi Indonesia untuk hal-hal tersebut telah cukup berkembang, akan tetapi diperlukan perhatian untuk pembangunan kapasitas, pemeliharaan integritas sistim nasional dengan desentralisasi, dan fokus pada penyediaan bantuan bagi pemilik skala kecil untuk memenuhi ketentuan spesifikasi perdagangan. Pasar swasta tergantung pada lingkungan yang memiliki regulasi efektif dan efisien, termasuk didalamnya pengelompokan kelas mutu dan standar, keamanan makanan, bio safety, dan regulasi lingkungan hidup, untuk mengurangi harga transaksi. Akan tetapi, regulasi saja tidak mencukupi, harus juga disertai dengan kerjasama bersama para pedagang, pengolah dan penghasil dalam suatu sistim regulasi diri. Departemen Pertanian perlu mendukung adanya sistim regulasi produk pertanian yang kompeten dan fungsional, yang mana juga penting tidak hanya untuk perlindungan dan keamanan konsumer domestik, tetapi juga untuk mendapatkan dan memelihara akses ke pasar internasional, terutama karena negara pengimpor secara bertahap terus memperketat persyaratan kualitas/ keamanan produk makanan. Tanpa adanya perhatian yang khusus, focus peningkatan hasil produktivitas petani demi peningkatan kesejahteraan petani akan gagal apabila ada pembatasan jalur ke pasar. Meningkatkan pengeluaran untuk penelitian pertanian. Pertumbuhan produktifitas di daerah pedesaan adalah dasar utama bagi pengentasan kemiskinan di daerah tersebut. Hal ini membutuhkan sistim yang solid dalam proses produksi, adaptasi dan pemerataan teknologi yang dibutuhkan oleh produser berskala kecil. Penelitian pertanian yang kuat dan sistim penyuluhan sangat penting untuk menggerakan produktivitas ke jalur pertumbuhan yang lebih pesat. Sistim penelitian pertanian di Indonesia terdiri dari pusat penelitian komoditas nasional dan institut adaptasi di tingkat wilayah. Akan tetapi, pengeluaran utnuk penelitian pertanian di Indonesia turun secara drastis sejak awal tahun 1990an dibandingkan dengan negara tetangga. Pengeluaran riil untuk penelitian pertanian umum di 2001 tidak lebih besar dari tahun 1995. Saat ini, kedudukan tingkat pengeluaran untuk penelitian pertanian tersebut, dihitung dalam persentasi dari PDB dan total pengeluaran negara untuk pertanian, termasuk paling rendah di antara negara asia lainnya. Indonesia menyediakan sekitar 0,1% dari PDB sektor pertanian untuk membiayai penelitian pertanian di dalam negeri (bahkan lebih rendah dibandingkan dengan Bangladesh, dan jauh dibawah tingkat rekomendasi 1%); dan, jika dibandingkan dengan Malaysia dan Thailand yang menyediakan lebih dari 10% dari total pengeluaran negara untuk sektor pertanian untuk mendukung penelitian pertanian, maka porsi di Indonesia kurang dari 4%. Tantangan yang langsung dihadapi di dalam sistim penelitian pertanian adalah untuk: (i) menaikkan tingkat total pengeluaran umum untuk membiayai penelitian berskala nasional walaupun saat ini terdapat berbagai proyek penelitian yang dibatalkan; (ii) menjelaskan tanggung jawab pembiayaan publik untuk institusi adaptasi di tingkat wilayah; (iii) melawan efek desentralisasi atas kenaikan biaya operasional administrasi di tingkat lokal; (iv) meremajakan proporsi besar peneliti senior yang akan segera pensiun; (v) mengintegrasi kapasitas penelitian pertanian sektor swasta sebagai bagian dari strategi nasional; (vi) memperkuat strategi penelitian bioteknologi; dan (vii) sementara menggalakan penggunaan dan penelitian pada berbagai jenis beras, perlu pula menyeimbangkan pengembangan komoditas selain beras. Mendukung cara-cara baru dalam penyuluhan pertanian. Seperti halnya sistim penyuluhan di negara-negara lainnya, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam pengembangan mekanisme institusional yang efektif dalam menyalurkan teknologi yang sesuai bagi produsen berskala kecil. Walaupun pengalaman dalam pelayanan bantuan pertanian masih sangat minim, bukti-bukti kuat yang mendukung manfaat desentralisasi penyuluhan terus bertambah, termasuk yang melibatkan pihak swasta maupun masyarakat umum. Serangkaian debat dan ekperimen pengelolaan yang positif telah diadakan. Termasuk didalamnya pergeseran ke metode partisipasi, penyaluran input dan teknologi sampai dengan pembagian pasar dan awal informasi serta teknologi. Terlihat pula adanya perluasan pelayanan yang dikelola secara terpusat sampai pelayanan yang didesentralisasi, serta pergeseran ke arah privatisasi penyuluhan. Privatisasi pelayanan penyuluhan akan memainkan peranan lebih penting di sub-sektor lahan kering penghasil pertanian yang mendatangkan uang di daerah timur Indonesia, serta produksi komoditas ekspor yang lebih didukung oleh sektor swasta. Staf penyuluhan umum saat ini bertanggung jawab kepada pemerintahan propinsi yang sekarang bekerja berdasarkan 2 model: (1) servis penyuluhan umum dibawah suatu organisasi perwakilan, dan (2) kapasitas penyuluhan yang dipilah-pilah ke beberapa badan yang berorientasi ke produk dan independent. Model yang pertama didukung oleh Proyek Desentralisasi Penyuluhan Pertanian dan Kehutanan (DAFEP) dengan dana dari Bank Dunia, akan tetapi kurang dari sepertiga pemerintahan propinsi yang memilih model tersebut sampai saat ini. Tingkat kualifikasi pendidikan untuk penyuluh-penyuluh public sedang ditingkatkan, tetapi tampaknya kompensasi jauh menurun sejak adanya desentralisasi, dengan turunnya jumlah personel berkualifikasi yang mencari lapangan pekerjaan di tempat lain. Iklim politik dewasa ini di Indonesia juga berperan serta dalam penyediaan lingkungan yang kondusif bagi serangkaian organisasi produsen pedesaan (RPOs) dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Pemerintah, khususnya pemerintah setempat, terus mencari jalan untuk menjalin kerja sama dengan organisasi-organisasi tersebut, tetapi juga menghadapi kesulitan, karena cepatnya perubahan yang terjadi di dalam organisasi berorientasi keanggotaan tersebut. Untuk semua inisiatif diperlukan cara-cara untuk menentukan hubungan mana yang lebih baik antara penelitian pertanian dan penyuluhan; pemisahan fungsi di dalam organisasi di Departemen Pertanian (antara IAARD dan AAHRD) telah menghambat usaha dalam memusatkan perhatian atas berbagai masalah yang diahadapi petani dan juga menentukan agenda penelitian, serta penyebaran hasil penelitian yang efektif. Proposal Pengerjaan Petani melalui proyek Teknologi dan Informasi Pertanian (FEATI), yang dikembangkan oleh Departemen Pertanian dan didukung oleh Bank, menjawab serangkaian masalah-masalah di atas, dan akan bertujuan untuk menggiatkan penelitian pertanian dan penyuluhan, dan dengan demikian, memperkokoh hubungan antara agribisnis dan komunitas pertanian. Mendukung pertumbuhan ICT. Inisiatif untuk mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) di daerah rural membuka kesempatan bagi penyaluran informasi ke komunitas pedesaan.







5 komentar:

  1. Terima kasih informasi yang saya cari mengenai pertanian indonesia yang sekarang suadh hampir menuju Agroteknologi.web.id Sumber Informasi Pertanian Indonesia

    BalasHapus
  2. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  3. Saya tidak bisa cukup berterima kasih kepada layanan pendanaan lemeridian dan membuat orang tahu betapa bersyukurnya saya atas semua bantuan yang telah Anda dan staf tim Anda berikan dan saya berharap untuk merekomendasikan teman dan keluarga jika mereka membutuhkan saran atau bantuan keuangan @ 1,9% Tarif untuk Pinjaman Bisnis. Hubungi Via:. lfdsloans@lemeridianfds.com / lfdsloans@outlook.com. WhatsApp ... + 19893943740. Terus bekerja dengan baik.
    Terima kasih, Busarakham.

    BalasHapus
  4. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  5. NAMA SAYA ........... RIKRIK BUDIANTI,
    NEGARA ............ INDONESIA
    KOTA ..................... BANDUNG, JAWA BARAT
    HIBAH PINJAMAN ...... Rp150.000.000,00
    EMAIL SAYA ........... rikrikbudianti27@gmail.com

    Kabar baik, kabar baik, Kabar baik
    Nama saya RIKRIK BUDIANTI, Warga Negara Indonesia. Saya telah ditipu oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua setuju untuk memberi saya pinjaman, saya kehilangan uang hasil jerih payah saya. Suatu hari, saat menjelajah internet dan tanpa daya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama EINNA FAIZ, yang juga ditipu oleh pemberi pinjaman kredit palsu, namun akhirnya dihubungkan dengan perusahaan pemberi pinjaman yang sah bernama KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY tempat dia mendapatkan pinjamannya . Saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian menceritakan kisah saya tentang bagaimana saya ditipu oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya bahwa saya memberikan pinjaman di perusahaan dan juga memberi tahu saya bahwa saya telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Saya mengisi rekening kredit dan menabung semua yang meminjam dari saya dan alhamdulillah saya mendapat pinjaman sebesar Rp 150.000.000 dari perusahaan besar ini, Dikelola oleh MRS. KARINA ROLAND, dan disini saya sangat diuntungkan karena KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY telah merubah hidup saya jadi saya berjanji pada diri sendiri saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapatkan pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi KARINA ROLAND
    via atau whatsapp (karinarolandloancompany@gmail.com) +1585 708-3478 dan ikuti aturannya, karena saya setuju Anda mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda meminta bantuan tentang cara saya mendapatkan pinjaman (rikrikbudianti27@gmail.com).

    PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
    HANYA WHATSAPP ........ +1585 708-3478
    NAMA FACEBOOK ......... KARINA ELENA ROLAND
    EMAIL ......... KARINAROLANDLOANCOMPANY@GMAIL.COM

    BalasHapus